Selasa, 07 Juni 2011


EMPAT PRIORITAS UNTUK PERPUSTAKAAN

Dari Jurnal Parlemen.com PANtau Komisi X yaitu : Ada empat kegiatan yang menjadi prioritas pembangunan di bidang perpustakaan tahun 2012. Hal itu dalam rangka revitalisasi di bidang perpustakaan. Demikian paparan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Sri Sularsih dalam RDP Komisi X DPR RI dengan Kepala Perpustakaan Nasional RI yang membahas RKA K/L dan RKP Lembaga 2012, Senin (6/6)

Kegiatan pertama menyangkut pengembangan perpustakaan elektronik (e-library). Untuk pengembangan e-library ini, dilakukan melalui beberapa hal yaitu penguatan sistem, digitalisasi bahan pustaka di Perpusnas dan di 31 Perpustakaan Provinsi, 52 Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota, dan dua UPT Perpustakaan.

Kegiatan kedua yaitu pengembangan perpustakaan umum kabupaten/kota. Hal ini dilakukan pada 250 kabupaten/kota dalam rangka memperkuat keberadaan perpustakaan umum kabupaten/kota sebagai perpustakaan yang melakukan layanan kepada masyarakat dan pembinaan semua jenis perpustakaan di wilayah masing-masing.

Untuk pengembangan perpustakaan umum kabupaten/kota ini, bantuan pengembangan perpustakaan umum kabupaten/kota diberikan selama tiga tahun dalam bentuk koleksi, perangkat keras, dan perangkat lunak untuk membangun otomasi perpustakaan disertai dengan pelatihan tenaga pengelolanya.

Yang ketiga ialah pengembangan perpustakaan umum desa/kelurahan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempercepat pertumbuhan perpustakaan sebagai upaya menyediakan bahan bacaan bagi masyarakat di pedesaan. Kegiatan dilakukan melalui dana dekonsentrasi kepada perpustakaan 32 provinsi guna pengembangan 2.238 perpustakaan desa/kelurahan berupa bantuan koleksi buku, rak buku, dan bimbingan teknis tenaga pengelolaan.

Kegiatan keempat yaitu bantuan mobil perpustakaan keliling dan perpustakaan terapung. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperluas jangkauan dan mendekatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat. Diharapkan, kegiatan ini menjangkau sampai pedesaan termasuk masyarakat di pulau-pulau kecil terdepan dan terluar yang hanya dapat dijangkau dengan kapal perpustakaan terapung.

Pembangunan di bidang perpustakaan tahun 2012 yang tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah sendiri masuk dalam prioritas nasional kedua. "Yaitu pada bidang pendidikan yang difokuskan pada lanjutan revitalisasi perpustakaan," ujar Sri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar